26 February 2016

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet



Sejarah Internet
Sejarah Internet dan Perkembangan Internet


Daftar Kejadian Dalam Sejarah Internet dan Perkembangannya

1957
Uni Sovyet (kini Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958
Sbg buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah suatu tubuh di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency( ARPA), yg bertujuan supaya Amerika Serikat bisa meningkatkan ilmu wawasan dan technologi negeri tersebut. Salah satu sasarannya ialah tehnologi pc.

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet


1962
Sejarah internet di th ini yakni seseorang J.C.R. Licklider posting satu buah tulisan tentang suatu visi di mana komputer-komputer bisa saling dihubungkan antara satu dgn yang lain dengan cara global supaya tiap-tiap computer tersebut sanggup menawari akses pada program dan data. Di th ini serta RAND Corporation mengawali riset pada konsep ini (jaringan komputer terdistribusi), yg ditujukan untuk tujuan militer.

1960
Teori berkenaan packet-switching mampu diimplementasikan dalam dunia nyata.


1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968
Jaringan Tymnet dibuat.

1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah jadi 23 buah node computer, yg terdiri atas komputer-komputer utk riset milik pemerintah Amerika Serikat & kampus.

1972
Suatu grup kerja yg dinamakan dgn International Network Working grup(INWG) dibuat buat meningkatkan tehnologi jaringan computer & pula menciptakan standar-standar utk jaringan computer, termasuk juga di antaranya ialah Internet. Pembicara perdana dari organisasi ini merupakan Vint Cerf, yg setelah itu dinamakan juga sebagai "Bapak Internet".

1972-1974
Sekian Banyak pelayanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, & yang lain, mendaftarkan ia ke ARPANET lewat jaringan dial-up.

1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat : pada thn ini, anggota ARPANET bertambah lagi dgn masuknya sekian banyak kampus diluar Amerika Serikat adalah University College of London dari Inggris & Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974
Vint Cerf & Bob Kahn mempublikasikan spek detil protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1974
Bolt, Beranet dan Newman (BBN), pontraktor utk ARPANET, mengakses suatu version komersial dari
ARPANET yg mereka sebut yang merupakan Telenet, yg yakni pelayanan paket data publik mula-mula.

1977
Telah ada 111 buah pc yg sudah membuka ke ARPANET.

1978
Protokol TCP dipecah jadi dua sektor, yaitu Transmission Control Protocol & Internet Protocol(TCP/IP).

1979
Kelompok diskusi Usenet perdana dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis & Steve Bellovin, alumni dari Duke University & University of North Carolina Amerika Serikat. kemudian, pemakaian Usenet juga meningkat dengan cara drastis. Sungguh menarik, di thn ini serta emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an
Komputer pribadi (Komputer) mewabah, & jadi sektor dari tidak sedikit hidup manusia. Thn ini tertulis ARPANET sudah mempunyai anggota sampai 213 host yg mengakses. Pelayanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dgn sediakan pelayanan e-mail, mailing daftar, & pun File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Pc Science Network) pula dibangun pada thn ini oleh para ilmuwan & pakar pada sektor ilmu komputer dari bermacam macam kampus.

1982
Istilah "Internet" mula-mula kali dimanfaatkan, & TCP/IP diadopsi yang merupakan protokol universal utk jaringan tersebut.

1986
Dikenalkan system nama domain, yg saat ini dikenal dgn DNS (Domain Name Sistem) yg berfungsi utk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan komputer.

2000-an
Internet berkembang demikian pesat, faktor ini mampu dibuktikkan dgn munculnya milyaran website didunia. & usaha digital juga sudah jadi trend di berkat perkembangan dari internet

Related Posts

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silahkan Berkomentar dengan Sopan, relevan dan Jangan Spam